Latest News

            Seluruh data yang kita miliki, baik data pribadi maupun data perusahaan, tentunya memerlukan perlindungan yang tepat untuk menghindari penyalahgunaan data itu sendiri. Maka dari itu, diperlukan privasi supaya data yang kita miliki terjamin aman. Untuk pemberlakuan privasi data, diperlukan beberapa metode supaya data tersebut tidak diketahui oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

            Terdapat 2 jenis tipe data berdasarkan penjagaan privasi (privacy preserving) data, yaitu Privacy Preserving Data Mining dan Privacy Preserving Data Publishing. Privacy Preserving Data Mining merupakan penelitian privasi dan keamanan yang didorong oleh salah satu masalah kebijakan utama era informasi: hak atas privasi. Sedangkan Privacy Preserving Data Publishing merupakan seluruh proses dilakukan dalam konteks Big Data, yang merupakan hasil dari peningkatan sarana komunikasi dan berbagi pengetahuan.

            Dari kedua metode tersebut dapat disimpulkan bahwa  pentingnya seluruh data yang tersebar di seluruh dunia guna data – data tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab, khususnya data privasi.