Latest News

Pemanfaatan tekonologi pada saat sekarang ini beraneka-ragam metodenya. Salah satunya adalah Pemanfaatan Machine Learning untuk ekstraksi informasi. Sejauh ini, informasi yang selalu didapatkan hanya dengan metode konvensional seperti dari koran dan tayangan berita. Namun, hanya sedikit yang menggunakan gadget untuk mencari informasi tersebut. Dengan pemanfaatan machine learning untuk ekstraksi informasi tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan isi dari informasi tersebut sehingga mudah dimengerti oleh penerima berita. Metode machine learning yang digunakan untuk ekstraksi informasi tersebut adalah “Named Entity Recognition” dan “Relation Recognition”.

            Named Entity Recognition merupakan bagian dari ekstraksi informasi yang bertugas untuk pengklasifikasi teks dari sebuah dokumen atau korpus yang dikategorikan kedalam beberapa kelas seperti nama orang, lokasi, bulan, tanggal, waktu dan sebagainya. Sedangkan Relation Recognition merupakan proses ekstraksi informasi yang bertugas untuk membuat relasi dari hasil Named Entity Recognition dengan tujuan memudahkan pencernaan informasi.

            Dari kedua metode tersebut disimpulkan bahwa ekstraksi yang dilakukan dengan melibatkan machine learning sangatlah berguna untuk membantu mendapatkan informasi secara langsung dan tidak ada kesalahpahaman ataupun berita hoax.