Latest News

            Internet of Things (IoT) tengah menjadi topik pembicaraan yang semakin hangat di era revolusi industri 4.0 ini lantaran konsepnya yang tidak hanya memiliki potensi untuk mempengaruhi lifestyle kita tetapi juga bagaimana kita bekerja. Berbagai sektor yang telah diliput oleh IoT memudahkan manusia dalam melakukan kegiatannya. Salah satunya adalah IoT berbasis Cloud Computing.

            Seperti yang kita ketahui IoT merupakan suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat computer. Dengan kolaborasinya dengan Cloud Computing membuat IoT menjadi lebih menarik dalam sistem penyimpanan data yang ideal.

            Cloud Computing adalah sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet. Contoh dari Cloud Computing adalah Amazon Web Service (AWS). AWS kini umumnya dikenal sebagai komputasi cloud. Salah satu manfaat utama dari komputasi cloud adalah kesempatan untuk menggantikan modal uang muka untuk biaya infrastruktur modal awal dengan biaya variabel rendah yang dapat ditingkatkan bersama bisniS. Dengan Cloud, bisnis tidak perlu lagi merencanakan dan membeli server serta infrastruktur IT lainnya dalam waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelumnya. Sebaliknya, dapat langsung menjalankan ratusan atau ribuan server dalam hitungan menit dan memberikan hasil dengan lebih cepat.