Jl. Universitas No.9, Padang Bulan, Medan +62 61 8222129 fasilkomti@usu.ac.id

ICCAI Menerima Penghargaan Pelaksanaan Konferensi Internasional Terbaik I

The 1st International Conference on Computing Applied Informatics (ICCAI) yang diadakan oleh Fasilkom-TI USU telah sukses menerima penghargaan Pelaksanaan Konferensi Internasional Terbaik I menyisihkan para pesaingnya, konferensi internasional serupa oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (The 1st Public Health International Conference) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (The 1st International Conference on Social and Political Development) pada tahun 2016. Pemberian apresiasi ini berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2017 bertepatan pada hari kemerdekaan dan berlokasi di Universitas Sumatera Utara. Kegiatan ini sukses menarik perhatian berbagai negara terbukti degan keikutsertaan Jepang, Malaysia, dan Arab Saudi sebagai tiga dari delapan negara yang berpartisipasi. Konferensi ditutup dengan penghargaan Best Paper dan Best Presentation di malam akhir kegiatan dan di akhir acara ada City Tour di sekitaranKota Medan. ICCAI

Tujuan konferensi ini sendiri adalah untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah yang berindeks Scopus. Harus diakui jumlah paper penghasil dari USU masih rendah dibandingkan PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) lainnya, salah satu cara agar menjaga mutu adalah dengan menerbitkannya. Dalam konferensi ini, institusi yang terlibat adalah USU bertindak sebagai penyelenggara, IOP sebagai penerbit dan Scopus sebagai pengindeks. Lebih lanjut dijelaskan, subsidi Rp. 50.000.000,- diberikan sebagai bantuan dana awal oleh USU untuk setiap konferensi internasional. 

Penghargaan yang pertama kali diadakan ini adalah nilai kebanggaan sekaligus untuk memotivasi konferensi-konferensi internasional selanjutnya. Penyelenggara ICCAI berhasil mendapatkan hadiah yaitu berupa piagam penghargaan serta uang tunai total sebesar Rp 10.000.000,- dengan rincian Rp 5.000.000 dari USU dan Rp 5.000.000 didapat dari kerjasama dengan Tanoto Foundation.