Jl. Universitas No.9, Padang Bulan, Medan +62 61 8222129 fasilkomti@usu.ac.id

Program Studi Doktoral

Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara pertama kali dibentuk pada tanggal 6 September 2011 dengan diterbitkannya surat keputusan Rektor USU nomor 2360/UN5.1R/SK/PRS/2011. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara memiliki 3 (tiga) Program Studi yang bernaung dibawahnya, antara lain Program Studi S1 Ilmu Komputer, Program Studi S1 Teknologi Informasi, dan Program Studi S2 Teknik Informatika. Program Studi S1 Ilmu Komputer pertama kalinya dibentuk dibawah naungan dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada bulan November 2001 melalui Surat Keputusan No. 3551/D/T/2001 tertanggal 22 November 2001. Program Studi tersebut merupakan institusi harapan masyarakat dan bangsa untuk melahirkan sarjana-sarjana berkualitas yang pikirannya berdaya guna untuk mendukung cita-cita kemerdekaan. Oleh karena itu, Program Studi S1 Ilmu Komputer Fasilkom-TI USU senantiasa dituntut kemampuannya untuk mensejajarkan perannya dengan perkembangan kemajuan IPTEK yang sejalan dengan tuntutan sejarah, masyarakat dan bangsa.

Sampai saat ini, Program Studi S1 Ilmu Komputer Fasilkom-TI USU telah menghasilkan sebanyak 524 alumni yang tersebar di seluruh bumi nusantara dan memerankan dirinya dalam kancah pembangunan bangsa. Ini merupakan bukti sejarah dari hasil perjuangan panjangnya sebagai pengemban misi pendidikan. Walaupun perkembangan kemajuannya telah semakin meningkat, namun Program Studi S1 Ilmu Komputer Fasilkom-TI USU masih terus melakukan pembenahan di segala sisi agar keberadaannya tetap mampu memenuhi kebutuhan tuntutan kemajuan IPTEK dan kebutuhan masyarakat yang berubah terus menerus. Tuntutan tersebut semakin serius seiring dengan perkembagang teknologi komputer yang semakin kompetitif di era globalisasi ini, Kompetisi dan persaingan yang sangat ketat ini, menuntut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, dan ini merupakan suatu hal yang tak mungkin bisa ditawar lagi. Keberhasilan suatu bangsa saat ini bagaimanapun juga tergantung kepada sejauh mana kesiapannya mengantisipasi kedatangan era globalisasi tersebut. Kesiapan untuk menghadapi tantangan yang bakal terjadi di era globalisasi termasuk sebuah tuntutan lain yang harus diupayakan oleh Fasilkom-TI USU sejak dini. Maka pada tahun tahun 2009 dibukalah Program Studi Magister (S2) Teknik Informatika yang ketika itu masih berada dibawah Fakultas MIPA USU. Program Studi ini merupakan pengembangan Program Studi S1 Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Universitas Sumatera Utara.

Program Studi Magister (S2) Teknik Informatika Fasilkom-TI USU bertujuan untuk mendidik mahasiswa menjadi pakar dalam bidang Ilmu Komputer atau Teknik Informatika yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapannya, melakukan penelitian, merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah komputasi dalam berbagai bidang. Sejak dibukanya hingga saat ini (2009 s/d 2013), program studi Magister (S2) Teknik Informatika sudah menghasilkan 85 alumni dan lulusannya diberi gelar M.Kom (Magister Komputer) dan sekarang sudah bernaung dibawah Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Pendirian Program Studi Doktor (S3) Ilmu Komputer dipandang perlu, sebagai sarana kelanjutan studi program S2 Teknik Informatika yang sudah ada. Pendirian program ini didukung oleh infrastruktur yang tersedia yang dimiliki Program Studi S1 Ilmu Komputer, Program Studi S1 Teknologi Informasi, dan Program Studi S2 Teknik Informatika Fasilkom-TI USU. Staf pengajar berkualifikasi S-3 lulusan dalam dan luar negeri, serta jumlah Guru Besar yang cukup dan dukungan dari asosiasi serta sarana/fasilitas laboraturium yang memadai untuk mendukung didirikannya Program Studi Doktor (S3) Ilmu Komputer.

http://s3ilkom.usu.ac.id/