Kegiatan Mahasiswa

Computer Science Anniversary

 

 

Kegiatan PORSENI IMILKOM 2018 adalah event tahunan yang diadakan oleh IMILKOM 2018 dan merupakan program kerja dari Departemen Seni dan Olahraga. Porseni sudah dijalankan selama 13 tahun dan terus berkembang, dan semakin baik. Kegiatan ini menjadi media pengembangan kreatifitas maupun sportifitas dengan jangkauan Universitas Sumatera Utara dengan tema acara “Where Art, Sport, and Technology Take Off”. 

Sebagai ajang untuk menunjukkan kreatifitas dan sportifitas mahasiswa S1 Ilmu Komputer, civitas academica, serta alumni, PORSENI menyelenggarakan 15 cabang perlombaan.  Perlombaan yang diadakan terbagi atas 3 jenis: Seni, Olahraga, dan Game Kompetitif. Beberapa perlombaan dapat diikuti oleh mahasiswa USU dan masyarakat umum, seperti Desain Poster, Desain Kaligrafi, Mobile Legends, dan DOTA.  Untuk mahasiswa S1 Ilmu Komputer sendiri, terdapat perlombaan dengan system olimpiade, yaitu : Futsal, Tenis Meja, Catur, Bola Voli, Badminton, Lari Sprint, One Minute One Story, Fotografi, dan Uno Card.

 

IT Fest 2018

 

ITFEST merupakan kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkat mahasiswa se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATIF) Universitas Sumatera Utara, sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para mahasiswa/i Indonesia untuk berinovasi menciptakan solusi dari masalah-masalah yang dialami bangsa ini serta mampu ambil bagian sebagai agen perubahan dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta pemanfaatannya di Indonesia.

ITFEST telah diselenggarakan 2 kali, yang pertama pada tahun 2017, yang kedua pada tahun 2018 dan yang ketiga akan diadakan pada tahun 2019 mendatang. Adapun rangkaian acara dan kegiatan dari ITFEST terdiri dari kompetisi tingkat mahasiswa se-Indonesia yang banyak diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas ternama di Indonesia, pameran hasil karya finalis kompetisi, seminar tentang topik-topik terkini di bidang TIK, dan hiburan.

Tema dari ITFEST 2018, tepatnya tahun lalu yaitu “Innovation to Empower Indonesia Youth”. HIMATIF berhasil mengundang Muhammad Imran selaku Big Data Expert, Agung Hapsah yang seperti kita tahu adalah Youtuber Indonesia yang jago dalam hal editing video dan Chyntia Gabriella seorang finalis TOP 50 Indonesian Idol yang menghibur peserta dengan tampilannya yang memukau. Acara tersebut diadakan di Auditorium USU.

Dan banyak peserta yang merasa puas dengan penampilan dari para pengisi talkshow inspiratif karena mereka telah memberikan banyak ilmu yang bermanfaat seperti mendalami BIG DATA dan tentang Youtube di Indonesia. Tak kalah menariknya, penampilan dari Chyntia Gabriella pun sukses menghibur peserta dengan penampilannya. Tidak hanya itu, ada beberapa kompetisi  yang diadakan pada acara ini seperti App Dev, Business IT Case, Competitive Programming, Game Development, DOTA, dan PES.