ITFEST 2019

ITFEST 2019 adalah kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkat mahasiswa se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATIF) Universitas Sumatera Utara, sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para mahasiswa/i Indonesia untuk berinovasi menciptakan solusi dari masalah-masalah yang dialami bangsa ini serta mampu ambil bagian sebagai agen perubahan dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta pemanfaaaannya di Indonesia.

ITFEST 2019 memiliki tema “Integrated Creation For Society”. Rangkaian kegiatan ITFEST 2019 terdiri dari kompetisi tingkat mahasiswa se-Indonesia, pameran hasil karya finalis kompetisi, seminar tentang topik-topik terkini di bidang TIK, dan hiburan.

Adapun Kompetisi yang diadakan pada ITFEST 2019 ini adalah :

1. Competitive Programming ITFEST

Kompetisi pemrograman berskala nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Informasi, Universitas Sumatera Utara. Competitive Programming ITFEST 3.0 2019 ditujukan bagi mahasiswa aktif pada universitas di Indonesia. Competitive Programming menguji kemampuan peserta dalam berpikir logis dan sistematis serta menyelesaikan persoalan - persoalan komputasional tersebut menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

2. Application Development

Application Development Challenge adalah salah satu kontes nasional dalam acara ITFest 2019, dimana peserta menciptakan aplikasi inovatif berbasis web maupun mobile. Mengusung tema “Ethical Living With Tech", aplikasi yang diciptakan dapat digunakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Peserta mampu menciptakan aplikasi-aplikasi yang sustainable dan berpotensi mampu berdampingan dengan kehidupan masyarakat Indonesia adalah target utama dalam kontes ini.

3. E-Sports

E-Sport Competition adalah salah satu kontes dalam acara ITFEST 2019, dimana peserta berkompetisi dalam Video Game baik Indvidual maupun Team. Pada Kompetisi E-Spoert ini terdapat berberapa kategori yang di pertandingkan, Seperti PES, Dota2, Mobile Legend, dan PUBG-Mobile.

4. Business IT Case

Business IT Case merupakan kompetisi case-solving berskala nasional yang ditujukan kepada mahasiswa S1/sederajat dan D3/sederajat. Business IT Case memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk memecahkan berbagai kasus bisnis dengan memberikan solusi melalui pendekatan teknologi informasi.

5. UI/UX Design

Kompetisi Design UI/UX merupakan sebuah kompetisi desain antarmuka sistem/produk yang berorientasi kepada kenyamana dan kemudahan pengguna dalam menggunakan sistem/produk tersebut. Tujuan dari design interface ini adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan se-efisien mungkin. Design Interface juga menentukan bagaimana user berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan antarmuka (interface) yang ada pada layar komputer. Dalam kompetisi ini yang menjadi fokus utama adalah membuat antar muka pengguna menjadi efisien dan memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi pengguna ketika sedang menggunakan sistem/produk tersebut. Lomba ini terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu tahap submisi proposal, tahap submisi video dan tahap final. Tema Kompetisi ITFEST 2019 ini adalah “Ethical Living With Tech”.

6. IT-SPORT

ITSPOERT merupakan salah satu sub acara ITFest 2019 yang menyelenggarakan acara pertandingan olahraga , yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berolahraga peserta dalam pertandingan.

ITFEST 2019 juga mengadakan Seminar Nasional dan Talkshow Inspiratif yang akan di narasumberi oleh "CEO BukaLapak" Achmad Zaky serta "Software Engineer Traveloka" Zulwiyoza Putra. Serta terdapat Hiburan dari Penyanyi ibukota Adera yang mana akan membuat ITFEST 2019 menjadi lebih meriah dari sebelum-sebelumnya.

itfestusu.id