Program Studi Sarjana

ILMU KOMPUTER 

Program studi (Prodi) sarjana (S1) Ilmu Komputer (Computer Science) adalah salah satu program studi yang berada di dalam ruang lingkup disiplin Ilmu Komputasi (Computing Diciplines) sesuai dengan ACM Computing Curricula dan juga terdapat bidang ilmu lainnya seperti Teknik Komputer (Computer Engineering), Sistem Informasi (Information Systems), Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) dan Teknologi Informasi (Information Technology).  

Prodi S1 Ilmu Komputer Fasilkom-TI (Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor 3551/D/T/2001 tanggal 22 Nopember 2001 tentang izin penyelenggaraan Program Studi S1 Ilmu Komputer yang pada waktu itu masih di bawah koordinasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU. Pembukaan program studi ini bertujuan untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan lulusan sarjana ilmu komputer yang sangat diperlukan baik oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. 

Prodi S1 Ilmu Komputer Fasilkom-TI USU saat ini memiliki akreditasi dengan nilai A, sesuai dengan Sertifikat Akreditasi BAN PT No. 247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013. Sertifikat ini dikeluarkan di Jakarta pada tanggal 13 Desember 2013, ditandatangani oleh Ketua BAN PT Prof. Dr. Mansyur Ramli.

Berdasarkan SK Rektor USU No. 2360/UN5.1.R/SK/PRS/2011 tanggal 6 September 2011 secara resmi dibentuk Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) USU, yang mengelola Prodi S1 Ilmu Komputer, S1 Teknologi Informasi dan S2 Teknik Informatika.

http://ilkom.usu.ac.id/

 

Teknologi Informasi 

Program Studi (S-1) Teknologi Informasi (Information Technology) adalah salah satu program studi yang berada di dalam ruang lingkup disiplin ilmu komputasi (computing disciplines) di samping bidang-bidang ilmu komputasi lainnya seperti Teknik Komputer (Computer Engineering), Ilmu Komputer (Computer Science), Sistem Informasi (Information Systems), dan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

Program Studi (S-1) Teknologi Informasi muncul untuk menjawab masalah yang timbul karena kurang memadainya ketersediaan lulusan yang mampu menangani kebutuhan akan teknologi informasi oleh bisnis dan organisasi-organisasi lainnya. Untuk menjawab kebutuhan ini, program studi Teknologi Informasi muncul untuk menghasilkan lulusan berkualifikasi spesialis teknologi informasi yang memiliki kombinasi yang benar antara pengetahuan dan praktek, yaitu keahlian terpakai untuk mengelola infrastruktur teknologi informasi organisasi dan orang-orang yang menggunakannya.

Tanggungjawab para spesialis teknologi informasi ini adalah untuk memilih produk-produk perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai untuk organisasi, mengintegrasikan produk-produk itu dengan kebutuhan organisasi dan infrastrutur, serta melakukan instalasi, penyesuaian, dan pemeliharaan aplikasi-aplikasi tersebut bagi para pengguna komputer organisasi. Sebagai contoh, spesialis teknologi informasi bertanggungjawab atas instalasi jaringan, administrasi dan keamanan jaringan, desain halaman-halaman web, pengembangan sumberdaya multmedia, instalasi komponen-komponen komunikasi, tinjauan atas sistem email, serta erencanaan dan pengelolaan siklus hidup teknologi yang harus dipelihara, diremajakan, dan diganti oleh teknologi yang dimiliki organisasi. Selain itu, lulusan program studi Teknologi Informasi juga dituntut untuk dapat menjawab kebutuhan perkembangan teknologi informasi yang berbasis teknologi wireless antara lain seperti: pengelolaan jaringan WiFi, mobile programming dan lain-lain.

http://it.usu.ac.id/